Sejarah Rumahberkat

Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Gedong Kuning berdiri sejak tahun 1965. Pada awalnya menempati gedung yang disewa selama 20 tahun, berlokasi di Jl. Gedong Kuning. kemudian pada tahun 1988 atas upaya jemaat melalui panitia pembangunan gereja, Tuhan mengirimkan lokasi yang baru yang digunakan hingga saat ini. Proses pembangunan gedung gereja GPdI Gedong Kuning sempat mengalami masa krisis, sehingga tersendat selama beberapa waktu lamanya, hingga akhirnya terselesaikan dan dapat digunakan pada tahun 1991.

Pembangunan gedung gereja tidak berhenti pada pembangunan ruang utama ibadah, namun juga berkembang dengan penambahan pastori, kemudian bertambah dengan ruang konsistori, ruang sekolah minggu, dan yang terakhir pada tahun 2015, pembangunan garasi untuk parkir kendaraan jemaat.

Itulah cerita singkat mengenai pembangunan fisik yang tidak pernah berhenti karena berkat Tuhan yang terus mengalir. Namun pembangunan GPdI Gedong Kuning juga menyasar pada pembangunan kerohanian jemaat GPdI Gedong Kuning.

Bermula dari kerinduan jemaat untuk dapat belajar mengenal lebih dalam dan dapat menyembah Tuhan selain di hari-hari yang sudah ditentukan sebagai hari-hari ibadah, terbitlah warta jemaat yang sederhana, yang saat itu hanya ditempel di sekat sel, dan terbit hanya pada waktu-waktu tertentu, atau tentatif.

Barulah pada tahun 1998, terbitlah warta jemaat yang dikelola oleh jemaat GPdI Gedong Kuning, bertajuk Warta Berkat, terbit setiap minggu pertama, dengan format brosur lipat 3, ukuran kertas F4. Sangat sederhana, karena hanya difotokopi. Walaupun secara fisik sederhana, namun berisi artikel-artikel rohani yang cukup dahsyat untuk membantu jemaat GPdI Gedong Kuning belajar mengenal Tuhan. Warta Berkat dikelola dengan penuh kerelaan anak-anak Tuhan yang terbeban memajukan jemaat Tuhan.

Setahun kemudian, ketika demam internet mulai melanda Indonesia, pada tahun 1999, Warta Berkat juga mencoba belajar untuk dapat menggunakan teknologi ini sebagai media untuk dapat membagikan kesaksian dan melaksanakan pelayanan kepada orang-orang lain. Karena keterbatasan sumber daya dan sumber dana, maka Warta Berkat menggunakan fasilitas hosting  gratisan yang saat itu juga mulai booming. Alamat yang digunakan saat itu adalah http://www.geocities.com/gpdi-gedongkuning. Dan beberapa alamat lainnya karena masih bersifat uji coba dan meraba-raba kemampuan, semisal http://www.lycos.com, maupun http://www.tripod.com.

Tahun 2003, Warta Berkat bermetamorfose menjadi Rumahberkat, dengan taglineMedia Komunikasi Jemaat GPdI Gedong Kuning. Metamorfose yang terjadi bukan hanya pada nama dan tagline, tetapi juga pada format dan waktu terbit. Format yang digunakan adalah format booklet. Dengan tetap mengedepankan kualitas isi untuk membangun jemaat, terbit 2 minggu sekali setiap minggu pertama dan ketiga. Dan ditambah dengan beberapa suplemen pada waktu-waktu tertentu.

Sejalan dengan visi GPdI Gedong Kuning, pada tahun 2005 Rumah berkat mengubah tagline  yang tadinya hanya sebagai media komunikasi jemaat, menjadi Berakar, Bertumbuh, Berbuah, dan Sempurna dalam Kristus. Terbit tiap minggu, dilengkapi dengan bahan bacaan Alkitab harian yang menolong jemaat menyelesaian program membaca Alkitab secara penuh.

Tahun 2007, dimulailah kerinduan untuk dapat menampung dan membagikan artikel-artikel yang ada ke dalam bentuk digital yang dapat dinikmati oleh banyak orang bukan hanya oleh jemaat GPdI Gedong Kuning. Oleh karenanya, pada tanggal 11 Mei 2007, dibukalah portal blogspot dengan alamat http://houseofblessing.blogspot.com, dengan artikel awal "Do you know the really meaning of home?" Sebagai sebuah kerinduan awal bukan hanya untuk jemaat GPdI Gedong kuning yang berada di perantauan, namun kepada siapapun yang rindu untuk dapat bergabung di rumahberkat.

Setahun kemudian oleh kemurahan Tuhan, rumahberkat menempati situs baru dengan alamat http://www.rumahberkat.org. Dengan alamat baru ini tagline yang digunakan pada adalah Salvation and Abundant Blessing. Dengan situs dan sistem baru, pergumulan yang luar biasa terjadi, beberapa kali mengalami pergantian tampilan, beberapa kali mengalami serangan deface. Hanya oleh kemurahan Tuhan, rumahberkat tetap bertahan dan oleh kemurahan Tuhan pula pelayanan ini masih tetap berjalan, untuk menolong jemaat Tuhan bertumbuh.

Jika anda rindu untuk berpartisipasi dalam pelayanan kami, silakan kunjungi halaman Kemitraan.

Silakan mengirimkan email ke admin@rumahberkat.org sehingga kami mengerti kerinduan anda menjadi mitra kami, dan dapat memfasilitasi kemitraan tersebut.

Please email us at admin@rumahberkat.org and let us know how you would like to partner with us, we will then be able to help facilitate that partnership. We are looking forward to all God has in store!

Tags: